Jumat, 12 Oktober 2012

perawatan kapas tembak

Ini dia kapas tembak milik saya, masi muda tapi suda buka ekor,,,,, mantaaap daaahhhh,,

Pertama saya beli masi anakan, baru 1 kali mabung(Ngurak), dan suda makan voer. saya melihat burung ini mempuyai prospek yang cerah untuk kedepanya, mangkanya saya beli, dan ternyata perkiraan saya tepat, dalam kurun waktu 5 bulan saya rawat, ketika di adu dia suda membuka ekornya, saya aja heran. 


 

Kata orang-orang kapas tembak yang suda buka ekor itu adalah kapas tembak yang suda tua(nyisik), buktiya punya saya masi muda tetapi suda buka ekor, jadi intinya semua jenis burung itu berbeda-beda, tergantung dari burung itu sendiri dan cara kita meratnya,,

Disini saya akan berbagi cara perawatan burung milik saya, saya juga mendapat inspirasi dari teman-teman di dunia maya maupun di dunia nyata, heeee



Ketika baru membeli burung,

1. Hari pertama full krodong, supaya ga stres.....

2. Hari ke dua, subuh saya buka krodong dan di embunkan di teras rumah

3. Pagi-pagi sekitar jam 7 saya mandikan dengan di semprot, karena belum mau sendiri mandi di kerambah

4. Jam 8 kasi jangkrik 2 ekor dan pisang kepok yang suda matang dan kalau ada pisangya bisa di olesin sama madu yang asli, kroto boleh di kasi 2 kali minggu sekali aja

5. Jangan lupa cek voer sama minunnya

6.  Buah bisa di gati secara bergantian, misal, hari senin-selasa pisang, rabu-kamis pepaya, jumat-sabtu apel, bisa juga di beri buah ppear dan buah sawo, untuk meransang burung maenjadi gacor

7. Lalu di jemur sampai jam 10 aja.

8. Sesudah di jemur, di angin-anginkan sampai sore, menggantungnya di tempat yang rendah aja, sapaya muda jinak(hati-hati predator)

9.  Magrib di krodong lagi sampai besok pagi, 

10.Jangan lupa membersikan kandangnya minimal 2 hari sekali, karena barung ini rentan terhadap penyakit.

11.  Dan begitu aja seterusnya.......



Perawata ketika mabung(ngurak) :

1.     Malam di krodong sampai pagi

2.     Pagi-pagi di angin-anginkan

3. Berikan jangkrik 3 ekor, cek pisang, voer, minum dan bersihkan sangkar

4.   Bisa di berikan pepaya, buah pear, apel, dan buah sawo secara bergantian

5.     Jemur 1  jam saja

6.     Setelah di jemur di krodong lagi sampai besok pagi

7.     Saat di krodong burung dapar di master

8.     Mandikan 1 kali semiggu saja

9.     Begitu aja seterusnya sampai selesai mabung


Perawatan sudah buka ekor :

1.   Malam di krodong

2.   Pagi hari di embunkan

3.    Mandikan di kerambah sampai slesai

4.    Bersihkan sangkar

5.    Cek voer, minum dan pisang

6.    Berikan jagkrik 2 ekor saja dan sedikit kroto

7.    Seminggu sekali di kasi madu di campur ke dalam minuman

8.    Jemur maksimal 3 jam

9.    Setelah di jemur di angin-anginkan

10. Sore jam 4 mandikan lagi

11. Dan di krodong sampai besok pagi

12.Ketika mau di adu, sebelumnya burung harus di istirahatkan supaya waktu di adu dia dalam kodisi prima.

13.Setelah di adu di krodong lagi..


Demikianlah informasi tentang perawata burung saya, hanya sekedar berbagi cara perawatan, tentunya setiap orang memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, dan juga memiliki tipe burung yang berbeda pula.

Hanya dengan sabar dan yakin kita bisa mandapatkan hasil yang seperti kita harapkan, burung-burung juara dulunya juga dari anakan dan cara perawantannya yang baik la bisa menjadikan burung itu sebagai burung juara.....

Terimakasi........................



8 komentar:

  1. terimasih buat infonya,,,,,,sukses selalu buat para pecinta Kicau mania,khususnya pecinta KAPAS TEMBAK.hehehehehe

    BalasHapus
  2. kapas tembak saya kalo diadu sma pnya temen mau ngelawan tapi cma sbentar Dan kalo masalah perawatan tidak bsa konsisten kalo kita punya kerjaan bro

    BalasHapus
  3. ga ap2 bos, yg pnting kpan bisanya aj, sya jg ga sllu ngrusin brung, hee

    BalasHapus
  4. kenalan dulua ah....nameku iben,riau,curhat bentar sob,
    aku baru beli udah buka ekor perjalanan sekitar 11 jam,sampek rumah malah gak mau bunyi sampek sekarang,jdi solusinya gmn son

    BalasHapus
  5. tinggal baca di blog ini gan, uda sya post nskah yg bgtu

    BalasHapus
  6. gimana gan kapas tembak saya ga ful buka ekor, trus kalau diadu agak kembuk..mohon infonya

    BalasHapus
  7. kapas tembak saya kalau diadu buka ekornya kurang full dan agak kembung, gimana itu gan, mohon pencerahannya

    BalasHapus